Adakah Tokoh Inspiratif di Sekitarmu?





Saya kerap mendengar orang berujar, jika sekarang ini sudah tidak ada orang yang baik. Kalimat tersebut dikatakan langsung, di hadapan saya. Mendengar kalimat tersebut, saya kadang bingung mencernanya. Bukankah ketika mengucap tak ada lagi orang baik, ia justru sedang berbuat jahat kepada dirinya sendiri? Ya, karena kebaikan itu wajib dimulai dari diri sendiri.

Kamis lalu (9/8/18), bertempat di Ocha Bella Resto hotel Morissey, sebuah portal media online dengan menyasar masyarakat Indonesia yang menjadi contoh berbuat baik dilaunching. Tokohinspiratif.id, begitulah portal tersebut diberi nama.

Portal ini didirikan oleh sekumpulan individu dan organisasi yang memiliki kepedulian terhadap masa depan bangsa. Dengan concern mengangkat individu yang telah berbuat baik dan memberi inspirai bagi bangsa dan kemanusiaan, diharapkan akan lahir kembali generasi yang lebih baik lagi dengan mengedepankan kemanusiaan.

Pada launching yang digelar di hotel Morrisey, dua belas tokoh dari berbagai latar belakang ditampilkan di portal tokohinspiratif.id. terdiri dari prof. DR. Sulistyowati Irianto, Guru Besar Antropologi Universitas Indonesia untuk kategori akademisi. Annisa Rahmania, Pegiat Young Voice Indonesia untuk kategori difabel. Nu Hidayati, Direktur Eksekutif Nasional Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) untuk kategori aktivis organisasi nonpolitik. Titi Anggraini, direktur Eksekutif Perkumpulan Untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) untuk kategori demokrasi. Dokter Gamal Albinsaid untuk kategori kesehatan. Retno Listyarti, M.SI, Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia untuk kategori guru.

Syaifuddin Zuhri, pendiri Komunitas Merah Putih, Batu-Malang untuk kategori komunitas. Alfrida Erna Ngato, kepala suku Pagu Halmahera Utara untuk kategori masyarakat adat. Glen Fredly untuk kategori seniman. DR. Ratna Dewi Petalolo, SH, MH, untuk kategori Aparatur Pemerintah. Muhammad Riza Adha Damanik, ST, Msi, PHD untuk kategori nelayan. Merah Johansyah Ismail, Koordinator Nasional Jaringan Advokasi Tambang (Jatam) untuk kategori aktifis organisasi nonpolitik

Jika melihat kedua belas tokoh yang dimuat di portal tokohinspiratif.id dan membaca latar belakang dari semuanya, mereka berasal dari keilmuan yang berbeda, tapi fokus pada perjuangan yang disuarakan. Afrida Erna Ngato, adalah contohnya. Dia adalah satu-satunya perempuan pertama di Nusantara yang menjadi kepala adat Suku Pagu di Halmahera Utara. Kepduliannya terhadap adat dan gencar “menghidupkan” lagi adat istiadat yang sudah hampir 40 tahun tergerus membawanya menjadi kepala adat. Dan mematahkan mitos bahwa kepala adat tak semestinya lelaki.


Tidak semua 12 tokoh yang dimuat di portal bisa hadir saat launching offline. Dari 12 orang, hanya 5 orang yang hadir dan berdiskusi dengan para panel lainnya. Bagi para tokoh, yang terpenting kini bukan semata-mata namanya terdengar hebat, tapi lebih kepada tindakan apa yang bisa dilakukan secara nyata untuk bangsa.


Ke depannya, portal tokohinspiratif.id terbuka bagi siapa saja yang hendak menuliskan tokoh inspiratifnya. Tak melulu harus orang hebat, tak melulu dari kalangan pejabat, tapi bisa siapa saja yang memang melakukan kerja nyata untuk diri, lingkungan juga bangsanya. Tak hanya jurnalis yang bisa menuliskannya, tapi juga rekan-rekan blogger dan netizen lainnya. Selamat untuk tokohinspiratif.id, semoga menjadi warna dan penyeimbang berita-berita negatif yang ada di dunia maya.

Adakah tokoh inspiratif di sekitar kita? Yuk, mari tuliskan dan sebarkan energi positifnya. Dan ambil bagian menjadi bagian dari penyebar konten positif di dunia maya. Kita tak pernah tahu, ada cerita apa di balik kesuksesan seseorang dan ada kisah apa di balik orang-orang yang tetap lantang menyuarakan aspirasi yang tak hanya melulu untuk kepentingan diri, tapi juga bagi sekitarnya.



Kategori:

Bagikan:

8 komentar

  1. Sangat menular semangat mereka hingga hari ini, saya benar2 malu belum berbuat banyak untuk bangsa ketika mendengar paparan2 mereka.
    Semoga mereka terus berkobar semangatnya dan semakin banyak dukungan untuk terus berjuang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, aamiin, Allahumma aamiin. Semoga kita bisa menjadi bagian dari mereka

      Hapus
  2. sebetulnya banyak mba tapi ya ga ngeh kadang mereka juga ga eksis jadi ga tau deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kadang memang tak adanya ruang dan kesempatan

      Hapus
  3. salut sama perjuangan mereka.. duh nggak mudah itu.. tapi mereka nggak menyerah.. pantas lah jadi tokoh inspiratif

    BalasHapus
  4. Semoga kita bisa menjadi orang - orang seperti yang disebut di atas. Aaaamiiin

    BalasHapus

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P