Fungsi Infrastruktur untuk Lima Destinasi Bali Baru Super Prioritas



Fungsi Infrastruktur untuk lima destinasi bali baru super prioritas Suatu hari, di dalam mobil kendaraan online yang saya naiki berita sekilas terdengar dari radio bahwa Indonesia akan memiliki wisata Bali baru. Menduniakan tempat pariwisata Indonesia kepada dunia bahwa bukan hanya Bali yang dikenal oleh mancanegara. Lima tempat tersebut adalah, Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Lombok Nusa Tenggara Barat, Danau Toba di Sumatera Utara, Likupang (Bunaken) di Bangka Belitung. Mulanya terkejut saat mendengar berita tersebut. 

Nah, Jumat 6 Desember 2019 bertempat di Sundestada Jakarta bersama dengan teman-teman influencer terdiri dari para bloger, vloger juga selebgram saya menghadiri acara diskusi santai yang diselenggarakan oleh  Kemenhub. Dengan tema Connectivity Makes Traveling Easy, obrolan santai ini dihadiri oleh beberapa  pejabat perhubungan baik darat mau pun laut. 

Sekjen Kemenhub Djoko Sasono dalam obrolannya menyampaikan Kementrian Perhubungan sesuai dengan tugasnya adalah menghubungkan agar semua masyarakat yang hendak melihat bisa menggunakan jalur transportasi yang ada. Baik melalui penerbangan, pelayaran mau pun jalan darat juga kereta api. Kemenhub sendiri sudah melakukan banyak hal, seperti perbaikan sarana dan prasarana  bandara diperbaiki, stasiun  diperbaiki, pelabuhan diperbaiki juga diisi dengan penerbangan ditambah. Layanan kapal laut juga ada. Dengan adanya perluasan jalan tol di banyak wilayah angkutan jalan mulai bangkit lagi. 

kiri ke kanan, ( Mas Erwin moderator, Pak Budi dan Pak Djoko Sasono)


Pak Djoko Sasono mengharapkan dengan adanya komunitas Transmate diharapkan rekan-rekan influencer menjadi bagian dari penyampai informasi kepada khalayak mengenai segala perubahan tersebut. Jika pun nantinya ada kritik dan saran, bisa langsung disampaikan ke akun resmi Kementrian Perhubungan baik melalui twitter, facebook juga instagram. Melalui akun resmi twitter @kemenhub151 diharapkan masyarakat bisa berperak secara aktif menyampaikan segala aspirasinya.

Sementara Pak Budi, Sekjen Perhubungan Darat menceritakan bahwa sebelumnya, ia diinstruksikan oleh mentri perhubungan untuk memperbaiki 20 terminal yang ada di Indonesia dengan dana sebesar 500 miliar. Tapi ketika mentri berkomunikasi dengan gubernur Bali, mentri melihat satu objek wisata di mana pengunjungnya ramai setiap hari, tapi transportasinya dan infrastruktur masih belum memadai. Tempat tersebut adalah Nusa Penida. Di Nusa Penida, Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan, Infrastruturnya masih belum manusiawi. Ketika pengunjung mau menyebrang, masih menggunakan jembatan yang digotong oleh manusia. Tentunya itu tak hanya digunakan oleh para wisatawan, tapi juga masyarakat sekitar. 

Dalam diskusi santai tersebut, dikarenakan mentri perhubungan tak bisa hadir, beliau melakukan tele confrence dengan para netizen. Menurut beliau, di Danau Toba akan dibuat 12 dermaga, membuat juga kapal-kapal baru dan edukasi kepada operator kapal. Keselamatan menjadi perhatian utama. Lima Bali Baru akan diselesaikan dalam satu tahun 2020 sudah selesai dan bisa memberikan kemudahan kepada turis ke depannya. 

Sementara Kesatuan Penjaga Laut Pantai (KPLP) Pak Ahmad memberikan komentarnya, bahwa kita sebagai warga negara harus ikut mendukung tentang potensi wisata Bali Baru. Prasarana yang dimaksud adalah membangun, merehab, meningatkan dan mengembangkan selama tahun 2020. Seperti di Labuan Bajo, pelabuhannya nanti akan dikhususkan untuk penumpang saja. Sementara kapal logistik akan dipindahkan ke tempat lain. Penumpang akan dimanja, kapal-kapal besar yang akan masuk  merasa didukung oleh kita semua, aman, selamat dan terlindungi dari lingkungan maritim. Lingkungan maritim dari sisi pencemaran dari sampah adalah tugas kita semua. Sebagai warga negara mau pun wisatawan. 

Kementrian perhubungan, sebagai salah satu penanggung jawab infrastruktur di seluruh Indonesia tentunya sangat mendukung adanya lima destinasi Bali baru. Segala kemudahan baik darat, laut mau pun udara dalam setahun ke depan akan terus diperbaiki. Diharapkan ketika semua moda transportasi bisa digunakan dengan baik, maka mobilitas wisatawan akan semakin dimudahkan. 


Kategori:

Bagikan:

0 komentar

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P