Nestle BOOST Optimum dan Mimpi Menua Seperti Don Hasman




Tahun 2035 jumlah lansia di Indonesia diperkirakan mencapai 48 juta jiwa, atau 15% dari total penduduk Indonesia. Kalau saya berusia panjang, barangkali saya menjadi bagian dari lansia tersebut. Eh, sepertinya belum, karena usia lanjut adalah 60 tahun ke atas. Semakin tinggi jumlah lansia, bisa menimbulkan dampak positif dengan ketentuan para lansia tetap sehat, aktif dan produktif. Sebaliknya, jika penduduk lansia memiliki masalah penurunan kesehatan akan terjadi tingginya biaya kesehatan. Nestle Helath Science (NHS) dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional melalui Nestle BOOST Optimum mengajak masyarakat supaya lebih memerhatikan kesehatan para lansia agar mereka bisa lebih bersemangat menjalani hidup dan meraih mimpi-mimpi yang tertunda.

11 November lalu bertempat di salah satu restoran di Cikini, Nestle meluncurkan produk terbarunya. Ada beberapa narausmber yang dihadirkan. Selain ahlinya dari kesehatan juga pihak nestle sendiri, hadir juga Don Hasman, seorang fotografer yang sudah berusia 79 tahun. Ia sudah 62 tahun menggeluti dunia fotografi. Pun, kerap berkeliling ke berbagai negara. Yang lebih menakjubkan tentunya saat ia mengisahkan perjalanan-perjalanannya karena sebagian besar dilakoni dengan jalan kaki. Selain jalan kaki, ia juga tak menggunakan pendingin ruangan mau pun kipas di rumahnya. Diceritakan juga bahwa saat ia  menuju tempat acara dari stasiun Sudirman ke Cikini juga jalan kaki. Wah! Padahal itu lumayan jauh banget. Kalau dari stasiun Gondangdia atau Cikini masih mending.

Menjadi tua seperti Pak Don sepertinya menjadi mimpi saya kelak. Semoga, meski tak harus keluar negeri tapi tetap kreatif saat tua juga bisa menjadi aset tersendiri.

Dr. Dr. Purwita Wijaya Laksmi, Sp. PD-Kger yang merupakan spesialis geriatri menjelaskan, “Di Indonesia, masih banyak lansia yang mengalami ketidakcukupan gizi (malnutrisi), padahal asupan gizi yang seimbang sangat penting untuk membantu para lansia agar tetap sehat. Seiring bertambahnya usia, terjadi penurunan fungsi tubuh dan perubahan metabolisme yang dapat membuat para lansia lebih rentang terhadap penyakit dan kehilangan masa otot.” Ada banyak faktor tentang malutrisi kepada lansia. Selain faktor medis seperti riwayat penyakit, faktor fisik juga menjadi penyebab utama seperti kesehatan gigi yang buru, faktor sosial seperti rasa kesepian atau depresi juga bisa menjadi penyebabnya.

Gejala malnutrisi pada lansia:
  • Hilangnya masa otot (sarkpenia)
  • Berkurangnya lemak di bawah kulit
  • Penurunan berat badan (5% berat awal tubuh)
  • Tulang yang terlihat menonjol
  • Bibir pecah-pecah dan cekung di bawah mata
  • Rambut kusam dan mudah rontok
  • Memar di kulit, kulit kering dan bersisik dan ada penumpukan cairan  di bawah cairan di bawah kulit


Marketing Manager Nestle Health Science (NHS), dr. Yulia Megawati mengatakan, “Berkomitmen dalam mengembangkan terapi gizi sebagai solusi bagi perawatan kesehatan di Indonesia, NHS menghadirkan Nestle BOOST Optimum, produk yang diformulasikan secara khusus, di mana mengandung 50% protein whey dan perbandingan komposisi whey dan kasein-nya sebesar 50:50. Nestle BOOST Optimum (dulu Nutren Optimum) bermanfaat membantu memenuhi kecukupan gizi untuk mendukung aktivitas harian lansia.

Nestle BOOST Optimum juga dapat dikonsumsi:
  • Oleh mereka yang dalam keadaan kurang gizi atau sedang membutuhkan suplementasi gizi
  • Oleh mereka yang sedang dalam aktivitas yang padat dan kecenderungan melewatkan makan
  • Pada saat kurang istirahat
  • Saat sedang dalam kondisi kurang berat badan
  • Saat kehilangan nafsu makan
  • Oleh pasien dalam kondisi pemulihan setelah sakit


Dari rangkaian penjelasan di atas, mimpi menjadi Om Don Hasman ketika menua sepertinya bisa dijadikan salah satu cita-cita. Jujur, sejak mendengar Om Don Hasman rajin jalan kaki, saya pun mulai mengikuti jejaknya. Terima kasih berbagi pengalamannya ya, Om Don Hasman ^_^

Bagikan:

0 komentar

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P