Obat Anyang-anyangan Prve Uricran



Salah satu mitos untuk mencegah anyang-anyangan adalah dengan mengikat jempol tangan menggunakan karet gelang. Ini saya ketahui dari Mbak Tanti ketika menjadi salah satu pembicara di acaranya uri-cran. mitos tersebut membuat saya tertawa. Bukan hendak menertawakannya, tapi jadi ingat mitos di kampung halaman ketika kecil dulu. Di kampung, waktu kecil saya hampir setiap hari mengalami anyang-anyangan. Eh, ini beneran, loh. Nggak cuma saya, tapi juga kakak. Waktu itu, betapa tersiksanya saat harus bolak-balik buang air kecil. Padahal, kami yah nggak punya kamar mandi sendiri. Dulu di kampung belum banyak keluarga yang memiliki kamar mandi sendiri.

Menjadi hal yang biasa ketika kami terkena anyang-anyangan, nenek atau bude akan menyuruh kami buang air kecil (BAK) di atas bara api. Eh, apaaaa?? Bara api? Seriusan? Iya, seriusan kami disuruh kencing di atas bara api? Caranya gimana? Mengambil satu bilah kayu di tungku yang sudah menjadi bara, dibawa ke luar rumah, lalu kencinglah di atasnya. Sembuh? Kadang-kadang. Karena saking seringnya saya anyang-anyangan waktu kecil. Nggak cuma saya, tapi juga Kakak. Kadang bingung, kenapa dulu sering banget terkena anyang-anyangan.

Tapi kalau inget Budhe sama Nenek bilang, katanya air minum yang nggak mendidih bisa menjadi penyebab terkena anyang-anyangan. Makanya kalau rebus air, saya pasti diwanti-wanti wajib mendidih atau bandelnya kami sering minum air mentah waktu main. Bahahahaha.... Padahal, dulu airnya yah langsung dari mata air. Itulah kenapa berani meminum air mentah. Kalau ingat dulu, pas kena anyang-anyangan itu sampai nangis. Karena nggak enak banget. Dan alhamdulillahnya, pas sudah dewasa saya jarang banget terkena anyang-anyangan.

Tapi, buruknya saya ketika sudah dewasa dan menuju tua, sering menunda BAK. Sering banget... Bahkan pernah, udah kebelet pipis pas di jalan, sudah nemu kamar mandi, trus keadaan kamar mandi kurang bersih, saya bisa batal kencing. Atau kadang kalau sebelum tidur banyak minum dan tengah malam alarm BAK memberikan warning, saya nggak buru-buru bangun. Kalau pas pulang di kampung halaman, karena saking dinginnya saya males ke kamar mandi. Duh... Padahal, katanya itu nggak boleh. Menahan kencing bisa menjadi salah satu pemicu Infeksi Saluran Kemih (ISK).

Ngomong-ngomong ISK, saya tahu belum lama ini ketika beberapa teman blogger posting datang ke acara uri-cran. Minggu 28 Juli lalu saya datang juga ke acara yang sama.  Dengan beberapa pembicara yang dihadirkan, saya jadi tahu lebih sedikit tentang ISK.

ADalah Com

Kategori:

Bagikan:

0 komentar

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P