Mencicipi Gurihnya Sasa Santan Kelapa



Sasa Santan Kelapa
Selama ini, sasa bagi saya identik dengan micin, sebagai penyedap rasa. Iya, dari kecil saya fahamnya itu saja. PT Sasa Inti didirikan sejak tahun 1968 oleh Rodamas. Nama Sasa merupakan kependekan dari “Sari Rasa” yang diterjemahkan sebagai sari dari rasa dan gambaran fokus utama bagi perusahaan. (sumber website Sasa).

Empat puluh sembilan tahun perjalanan Sasa, kini varian penyedap rasa diciptakan oleh Sasa. Mulai dari Sasa Tepung Bumbu, La Rasa Bumbu Instan, Sasa Saus, Sasa Kaldu Pelezat, Sasa Sambal Terasi, Sasa Penyedap Rasa dan yang terbaru adalah Sasa Santan Bubuk dan Sasa Santan kelapa.




Rabu, 20 Desember 2017 lalu bersama dengan teman-teman blogger dan ibu-ibu Komunitas Kreasi Sasa  saya berkesempatan hadir pada Launching  Sasa Santan Kelapa di kantor Sasa Inti Palmerah. Acara dimulai pukul sembilan pagi. Hebatnya para ibu, sejak pukul 08.30 sekian, ruangan sudah dipenuhi oleh para ibu yang mengenakan dress code hijau. 

Jam sembilan lewat, acara dibuka dengan adanya talkshow bersama dengan Chef Vania dan Pak Cipto. Chef Vania memaparkan bahwa dalam kesehariannya memasak, ia sering sekali menggunakan santan. Menurutnya, selama ini ada beberapa salah kaprah yang dilamai oleh banyak orang. Bahwa mereka takut menggunakan santan karena mengandung lemak. Padahal, sejatinya emak dibagi ke dalam dua bgaian. Lemak baik dan lemak tak baik. 

Talkshow




"Bahkan, sekarang pelaku diet keto banyak yang menggunakan santan sebagai salah satu pendukung makannanya. Untuk minum kopi dan konsumsi lainnya." Kata Chef Vania.

Masih menurut Chef Vania, bahwa ada beberapa kelebihan santan, di antaranya, memberikan tekstur pada makanan yang dimasak. Baik lauk mau pun puding. Menambah nafsu makan, juga sebagai tambahan gizi dan nutrisi. Chef Vania juga menambahkan, bahwa gizi dan nutrisi yang terkandung di dalam santan antara lain, dalam satu sendok makan santan, megandung 120 kalori, lemak baik, sumber kalsium mineral, kaya dengan vitamin C, B, B-6, sumber protein juga gula sebagai energi.

Mungkin ini juga yang digunakan para penganut diet keto. Banyak mengkonsumsi santan untuk keseimbangan. Ciri-ciri santan yang baik, bisa diketahui dari aromanya. Yang fresh dan alami itu tidak bau tengik. Meski ada sebagian orang yang menganggap bahwa tengik adalah bagian dari bau kelapa itu sendiri.



“Santan sasa yang kami buat, karakter santannya itu seperti santan asli. Tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer, ” Kata Pak Sutjipto. “Selain itu, sasa santan kelapa bisa langsung dipakai, tanpa harus dimasak dulu.” Tambah Pak Sutjipto lagi. Jadi, menurut beliau sasa santan kelapa bisa dinikmati begitu saja tanpa harus dimasak dulu. Dan ini dibuktikan ketika acara oleh Chef Kong, membuat jus mangga, lalu dituang sasa santan kelapa. Enak banget! ^_^

Setelah selesai talkshow, selanjutnya adalah sambutan dari dirut PT Sasa Inti, Pak Ronny A Imbar. Tanpa panjang lebar, Pak Roni. Beliau mengucapkan banyak terima kasih kepada para tamu undangan yang hadir mengikuti launching santan sasa. Baginya, ini adalah hal baru mengenalkan produk baru sasa bersama dengan rekan blogger.

“Kelahiran produk sasa di awalnya adalah MSG. Sampai saat ini, MSG sasa paling banyak dipakai oleh rumah tangga dan restoran.” Papar beliau sebelum membuka replika kelapa besar yang berisi kemasan sasa santan kelapa.


Usai peluncuran produk sasa santan kelapa, selanjutnya adalah demo masak. Beberapa resep dengan bahan dasar santan diolah oleh Chef Kong. Ikan dori filet, jus mangga santan menjadi masakan utama yang disajikan.

Tak lupa, di acara terakhir sebelum sesi photoshot makanan, ada Mbak Ayu Diah Respatih yang memberikan wejangan mengenai tips memotret yang baik. Terakhir, tentu saja kesibukan memotret dari para peserta yang hadir. Ditutup dengan makan siangsetelah acara usai, kami dijamu makanan berbahan dasar santan yang rasanya tentu saja juwarak! Eh, tapi kayaknya yang juara banget soto betawinya, sih ^_^




 Beberapa kreasi masakan sasa santan kelapa




Serubetulya acara Launching SasaSantanKelapaini. Mau juga ikutankeseruan acara Sasa? Yuk bergabung di KomunitasKreasiSasa(http://bit.ly/GroupKomunitasKreasiSasa). Temukan juga inspirasiresepdan tips jitulainnya di sosial media KreasiSasa @kreasisasaataukunjungiwww.kreasisasa.com😉
#SasaSantanKelapa #AslinyaSantan #KreasiSasa #BelajarMasak #MasakanRumah  

Bagikan:

0 komentar

Personal blog, kadang anti sama spammer yang hanya menyebar link. Lebih mengutamakan pertemanan antarpersonal. Komentar kembali dimoderasi masih banyak obat-obatan yang nyepam :D :P